Senin, 02 Juli 2018

Kebudayaan Dalam Berbusana



   Solo Batik Carnival adalah event tahunan yang diadakan oleh pemerintah kota surakarta dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum.
   Untuk tahun ini Solo Batik Carnival XI mengangkat tema besar yaitu "IKA PARAMARTHA" yang memiliki arti persatuan dalam kesatuan, perbedaan dalam keanekaragaman, keunikan dalam ciri khas masing-masing daerah yang berada di Indonesia. 
   Dalam tema besar kali ini Solo Batik Carnival XI membagi sub tema menjadi delapan defile yang mewakili setiap daerah yang berada di Indonesia. 
  • Lenggang batavia mewakili daerah DKI Jakarta.
  • Jawa Dwipa mewakili daerah Jawa Tengah.
  • Nagari minang kabau mewakili darah Sumatra Barat.
  • Mapalili Mamiri mewakili daerah sulawesi selatan.
  • Dayak borneo mewakili daerah Kalimantan timur.
  • Tiara dewata mewakili daerah Bali.
  • Sasando timor mewakili daerah Nusa tenggara timur.
  • Tana sajojo mewakili daerah papua.
   Jadi untuk teman-teman yang bingung mau mengisi liburan panjang kalian dimana? Datang saja ke kota solo, kota dengan seribu budaya terutama dalam budaya jawa. Dan jangan lupa catat tanggalnya 11-15 Juli 2018. Exhibition yang akan di selenggarakan pada tanggal 11-15 Juli 2018 berlokasi di Benteng Vastenburg, sedangkan untuk acara intinya yaitu Grand Carnival akan di selenggarakan pada tanggal 14 Juli 2018 bertepan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi Surakarta. 
   Untuk para pecinta batik di seluruh Indonesia jangan lupa saksikan acara Solo Batik Carnival ke XI kali ini. Para perserta yang berasal dari kota Solo maupun luar kota Solo berlomba-lomba berkreasi membuat atau mendesain kostum mereka sendiri. Dalam event ini peserta juga di ajarkan untuk berkreatifitas menurut imajinasinya masing-masing 
   Pada acara solo batik carnival yang sudah memasuki tahun ke sebelas ini para peserta juga di beri pembekalan oleh Instruktur yang siap memberi materi tentang bagaimana cara membuat kostum dan cara mengaplikasikan makeup karakter di wajah pada setiap workshopnya. Workshop yang di selenggarakan setiap minggunya. 


0 komentar:

Posting Komentar